Tips Mudah Merawat Kamera DSLR Untuk Para Pemula

Merawat kamera DSLR itu sangatlah mudah jika anda mengetahui prosedur penggunakan kamera DSLR tersebut. Namun tentunya berbeda dengan anda yang masih pemula atau baru aja beli kamera DSLR untuk bergaya.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips mudah untuk para pemula yang ingin membersihkan atau merawat kamera DSLR supaya tetap awet dan tidak mudah rusak. Bagi para pemula jangan asal membersihkan kamera DSLR yuah , nantinya jika ngawur malah kamera anda rusak.
Merawat Kamera DSLR

Nah bagi anda yang ingin tahu cara merawat kamera DSLR dengan mudah , di bawah ini saya berbagi tips paling komplit untuk anda para pemula untuk merawat kamera DSLR anda. Yuk langsung simak tips saya di bawah ini.

Tips Mudah Merawat Kamera DSLR Untuk Para Pemula


1. Jauhkanlah kamera anda dari segala jenis air!!!

Bahkan kamera weather sealed juga bukan berarti anda bisa memasukannya ke air. Kamera dslr sangat rentan terhadap air dan kelembapan. Air bisa menimbulkan kelembaban didalam internal kamera dan bisa membuat komponen internal rusak.

2.Perawatan Baterai

Baterai lithium-ion biasanya bertahan dalam 500 kali siklus recharge sebelum kerjanya mulai menyusut, kalau memang sudah waktunya jangan kaget kalau memang minta ganti. Buang sampah batere ditempat khusus (meskipun pengelolaan sampah kita tidak pernah memisahkan jenis limbah apapaun).

Jangan membiarkan baterai terpapar suhu ekstrim diatas 43 C. Hal ini dapat menimbulkan kerusakan permanen pada baterai. Letakkan baterai pada tempat yang sejuk dan kering. Charge baterai sebelum atau sesudah penyimpanan dalam jangka waktu lama. Dipakai ataupun tidak dipakai baterai akan mengalami proses pelemahan, agar tetap awet maka baterai perlu diisi kembali.

3. Selalu jaga kebersihan lensa

Sebagai langkah perawatan kamera dslr untuk pemula, saat membersihkan lensa kamera, jangan langsung semprotkan cairan pembersih ke lensa, semprotkan dulu ke lap microfiber sedikit saja lalu baru usapkan lap microfiber tersebut ke lensa. Anda bisa membeli lap microfiber di swalayan besar.

Sebagai langkah untuk merawat kamera dslr untuk pemula, jangan menyentuh lensa secara langsung dengan jari. Untuk mengurangi kemungkinan ini terjadi, usahakan lens hood selalu terpasang. Lens hood juga akan melindungi bagian depan lensa dari benturan sekaligus mencegah munculnya flare pada cahaya frontal menuju lensa.

Pasang lens cap ketika lensa sedang tidak dipergunakan, hal ini bertujuan mengurangi kemungkinan terpapar dan menempelnya debu pada permukaan lensa.

Jika kegiatan membersihkan lensa diperlukan, maka mempergunakan peralatan pembersih yang baik sangat dianjurkan. Selalu pergunakan lens brush, lens blower , lens paper dan lens cloth yang baik.

4. Matikan Kamera dengan Benar

Matikan kamera sebelum mengeluarkan baterai atau memory card dan saat anda mencolokkan ke komputer, kamera memiliki komputer didalamnya dan bisa jadi tidak tahan terhadap perubahan arus listrik secara mendadak.

5. Pergunakan Strap Kamera

Strap kamera ada agar kamera anda tidak gampang jatuh dengan tidak sengaja, kalau memang merasa tidak nyaman memakai strap bawaan, belilah yang lebih nyaman.

6. Merawat kamera dslr gampang-gampang susah.

Contohnya hindari meninggalkan kamera didalam mobil dalam waktu yang lama apalagi jika mobilnya terkena panas matahari langsung. Kamera memiliki rentang suhu aman dan akumulasi panas didalam mobil beresiko melebihi rentang tadi.

Demikian informasi tips merawat kamera DSLR untuk para pemula , Sekian dulu tips dari saya mengenai merawat kamera DSLR untuk pemula , semoga bermanfaat.

Tips Mudah Merawat Kamera DSLR Untuk Para Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ridwan Ardiansyah™

0 comments:

Post a Comment